BLH Kota Probolinggo    "SI JUPPE"   S emangat,  I novatif,  J u jur,  P rofesional,  P e duli

SDN Mangunharjo 12 Kota Probolinggo Raih Adiwiyata Nasional

SDN Mangunharjo 12 berhasil meraih juara pertama dalam penghargaan Sekolah Adiwiata Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan pada sekolah yang telah memenuhi syarat dengan memiliki budaya lingkungan yang baik.

Kepala Sekolah SDN Mangunharjo 12, Tri Kartin Marhaendrawati mengungkapkan bahwa pada awalnya untuk mengejar Sekolah Adiwiata Nasional ditargetkan 4 tahun, tetapi ini bisa diraih dengan waktu 2 tahun.

Terdapat 4 indikator penilaian Adiwiata, yaitu komponen kebijakan kepala sekolah yang berhubungan dengan budaya lingkungan, kurikulum sekolah yang mengatur tentang lingkungan, partisipasi warga sekolah dalam hal pelestarian lingkungan, dan sarana prasarana pendukung untuk menciptakan suasana sekolah yang berbudaya lingkungan.

“Kita melihat di SD kita ini ada peluang ke arah Adiwiata Nasional tentunya dengan tahapan-tahapan adiwiata, setahun pertama kita usahakan Adiwiata Bestari tingkat Kota Probolinggo, kemudian kita usahakan Sekolah Adiwiata tingkat provinsi, berkat kerjasama semua pihak dalam kurun waktu 1 tahun kita bisa raih semua itu, dan dalam jangka 2 tahun kita bisa meraih adiwiata tingkat nasional,” jelasnya.

“Kita meraih penghargaan Adiwiata tingkat nasional pada 5 Juni 2012, dari Kementerian Lingkungan hidup di Jakarta, untuk saat ini kita terus komunikasikan untuk sekolah-sekolah Adiwiata di Kota Probolinggo ini terutama dengan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Probolinggo, kita targetkan ada 10 sekolah binaan Adiwiata,” ujarnya.

“Kita lakukan sosialisasi-sosialisasi kepada seluruh kepada sekolah yang ada di Kota Probolinggo, untuk menjadikan sekolah yang sadar dan berbudaya lingkungan,” pungkasnya. Sumber Berita

No comments:

Post a Comment

Informal Meeting Forum (IMF)
Dewan Pembangunan Berkelanjutan (DPB)
Forum Jaringan Manajemen Sampah (FORJAMANSA)
Paguyuban Eco Pesantren
Paguyuban Kader Lingkungan (PAKERLING)
Paguyuban Putri Lingkungan (PUTLING)
Kelompok Masyarakat Pemilah Sampah (POKMAS)
Paguyuban Peduli Sampah (PAPESA)
Penyandang Cacat Peduli Lingkungan Kota Probolinggo (PECEL KOPROL)
Komunitas Pelestari Keanekaragaman Hayati (KOMTARI KEHATI)
Paguyuban Penarik Gerobak Sampah Cekatan Riang Inovatif Amanah (PGS CERIA)
Paguyuban Abang Becak Peduli Lingkungan (ABPL)

Pencarian Artikel

Jumlah Kunjungan

About Me

My photo
By the middle of 2005, the management of environment in Probolinggo city was implemented by 2 (two) units which were subdivision for public cleaning services and parks of Public Works Agency of Probolinggo City and the Office of Environment of Probolinggo City. But in August 2005, considering to the aspects of effectiveness in administration, coordination, budget management dan program operations, then those two units were merged into 1 (one) new governmental institution namely the Agency of Public Cleaning Services and Environment (DKLH) of Probolinggo City. Then, in accordance to the institutional restructure of central and regional government, on July 1st 2008, the Agency of Public Cleaning Services and Environment (DKLH) of Probolinggo City was changed into the Environment Agency (BLH) of Probolinggo City.