BLH Kota Probolinggo    "SI JUPPE"   S emangat,  I novatif,  J u jur,  P rofesional,  P e duli

Disperta Kota Probolinggo Libatkan Masyarakat Sukseskan Penanaman Satu Miliar Pohon

Dinas Pertanian (Disperta) Kota Probolinggo, melibatkan masyarakat dalam rangka menyukseskan penanaman satu miliar pohon (One Billion Indonesian Trees/OBIT). Dengan terlibatnya masyarakat, program tersebut diharapkan cepat terwujud, sehingga bisa menjadikan Kota Probolinggo yang hijau dan bebas dari polusi.

“Dalam hal penanaman satu miliar pohon atau OBIT, kami melakukan sosialisasi pada masyarakat dan melibatkannya, untuk tahun 2012 ini, terhitung sejak 1 Februari 2011 hingga 31 Januari 2012 kami bersama-sama masyarakat Kota Probolinggo sudah berhasil menanam 727.175 pohon yang kita sebar di daerah Kota Probolinggo,” ujar Ika Hudyawati Nugroho Kepala Bidang Kehutanan Disperta Kota Probolinggo, Jumat (9/11).

Ika Hudyawati Nugroho menjelaskan bahwa program penanaman satu miliar pohon tidak akan sukses tanpa melibatkan masyarakat, karena masyarakatlah yang nantinya akan menjaga dan merawat tanaman pohon tersebut.

“Bibit pohon yang kita tanam bersama masyarakat kita sebar di kanan-kiri jalan raya, supaya rindang dan sejuk, lalu kita sebar juga ke kawasan sungai yang ada di Kota Probolinggo, juga di daerah-daerah pusat kota, agar rindang dan hijau. Kesemuanya itu kita melibatkan masyarakat terutama yang berada di daerah sekitar tanaman pohon yang kita sebar, khusus untuk tanaman di kawasan perkotaan kita serahkan ke kelompok tani, biar kelompok tani inilah yang menjaga dan merawatnya,” jelasnya.

“Untuk menyukseskan OBIT 2013 kita akan mengadakan sosialisasi dan event berupa perlombaan penanman pohon kelurahan se Kota Probolinggo, tujuannya supaya masyarakat secara keseluruhan bisa terlibat,” pungkasnya. Sumber Berita

No comments:

Post a Comment

Informal Meeting Forum (IMF)
Dewan Pembangunan Berkelanjutan (DPB)
Forum Jaringan Manajemen Sampah (FORJAMANSA)
Paguyuban Eco Pesantren
Paguyuban Kader Lingkungan (PAKERLING)
Paguyuban Putri Lingkungan (PUTLING)
Kelompok Masyarakat Pemilah Sampah (POKMAS)
Paguyuban Peduli Sampah (PAPESA)
Penyandang Cacat Peduli Lingkungan Kota Probolinggo (PECEL KOPROL)
Komunitas Pelestari Keanekaragaman Hayati (KOMTARI KEHATI)
Paguyuban Penarik Gerobak Sampah Cekatan Riang Inovatif Amanah (PGS CERIA)
Paguyuban Abang Becak Peduli Lingkungan (ABPL)

Pencarian Artikel

Jumlah Kunjungan

About Me

My photo
By the middle of 2005, the management of environment in Probolinggo city was implemented by 2 (two) units which were subdivision for public cleaning services and parks of Public Works Agency of Probolinggo City and the Office of Environment of Probolinggo City. But in August 2005, considering to the aspects of effectiveness in administration, coordination, budget management dan program operations, then those two units were merged into 1 (one) new governmental institution namely the Agency of Public Cleaning Services and Environment (DKLH) of Probolinggo City. Then, in accordance to the institutional restructure of central and regional government, on July 1st 2008, the Agency of Public Cleaning Services and Environment (DKLH) of Probolinggo City was changed into the Environment Agency (BLH) of Probolinggo City.