BLH Kota Probolinggo    "SI JUPPE"   S emangat,  I novatif,  J u jur,  P rofesional,  P e duli

Kota Probolinggo Segera Punya RTH Baru

Pemkot Probolinggo tahun ini dipastikan bakal mempunyai RTH ( Ruang Terbuka Hijau) baru, yang berlokasi di Jalan Maramis, selatan Perum Asabri KOta Probolinggo.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan ) H. Sanusi Sapuwan, melalui Kabid Fisik dan Prasarana Yoyok Imam kemarin. Menurutnya, RTH yang akan dibangun tahun ini, memiliki luas sekitar 0,6 Ha Yoyok menambahkan, untuk menunjang rencana itu, kemarin, pihaknya menggelar rakor persiapan pelaksanaan sosialisasi dan kampanye publik, program pengembangan kota hijau (P2KH ) tahun 2012.

Dalam Rakor kemarin beberapa SKPD terkait diundang diantaranya, Bappeda, BLH, Dinas Pertanian, PU, serta Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset ( DPPKA ) melalui Bagian Aset, karena lahan yang di tempati RTH baru merupakan lahan Aset Pemkot.

" Unsur masyarakat juga kita undang, diantaranya forum masyarakat peduli tata ruang, paguyuban kader lingkungan, serta forum sekolah Adiwiyata," kata Yoyok Imam.

Yoyok juga mengatakan bahwa, RTH baru ini difasilitasi oleh Pemerintah pusat, sebagai bentuk penghargaan dari Kementerian PU melalui Dirjen Tata Ruang, yang menganggap Kota Probolinggo, layak mendapat fasilitas untuk RTH baru. "Intinya dari Rakor kemarin adalah, membicarakan bagaimana masukan program ini dapat tercapai, khususnya masyarakat hijau, artinya masyarakat yang peduli kepada lingkungan hidup, biar mereka tau ada program pengembangan kota hijau," ujarnya.

Yoyok juga mengatakan bahwa, intinya Pemkot melalui Peperintah Provinsi dan Pemerintah pusat, mau membangun RTH baru.

"Setelah Rakor ini akan ada sosialisasi dan kampanye publik, yang direncanakan 21 dan 22 Mei mandatang, dan harapannya RTH yang sudah terbangun nantinya, bisa menjadi wahana bagi masyarakat yang punya aktifitas lingkungan hijau," tandasnya.

Saat ini Kota Problinggo juga sudah memiliki beberapa RTH diantaranya, Alun-Alun, RTH Kedopok, TWSL ( Taman Wisata Studi Lingkungan ) serta taman Manula. Sumber Berita

No comments:

Post a Comment

Informal Meeting Forum (IMF)
Dewan Pembangunan Berkelanjutan (DPB)
Forum Jaringan Manajemen Sampah (FORJAMANSA)
Paguyuban Eco Pesantren
Paguyuban Kader Lingkungan (PAKERLING)
Paguyuban Putri Lingkungan (PUTLING)
Kelompok Masyarakat Pemilah Sampah (POKMAS)
Paguyuban Peduli Sampah (PAPESA)
Penyandang Cacat Peduli Lingkungan Kota Probolinggo (PECEL KOPROL)
Komunitas Pelestari Keanekaragaman Hayati (KOMTARI KEHATI)
Paguyuban Penarik Gerobak Sampah Cekatan Riang Inovatif Amanah (PGS CERIA)
Paguyuban Abang Becak Peduli Lingkungan (ABPL)

Pencarian Artikel

Jumlah Kunjungan

About Me

My photo
By the middle of 2005, the management of environment in Probolinggo city was implemented by 2 (two) units which were subdivision for public cleaning services and parks of Public Works Agency of Probolinggo City and the Office of Environment of Probolinggo City. But in August 2005, considering to the aspects of effectiveness in administration, coordination, budget management dan program operations, then those two units were merged into 1 (one) new governmental institution namely the Agency of Public Cleaning Services and Environment (DKLH) of Probolinggo City. Then, in accordance to the institutional restructure of central and regional government, on July 1st 2008, the Agency of Public Cleaning Services and Environment (DKLH) of Probolinggo City was changed into the Environment Agency (BLH) of Probolinggo City.