BLH Kota Probolinggo    "SI JUPPE"   S emangat,  I novatif,  J u jur,  P rofesional,  P e duli

Fasilitas 'Olah Sampah' di Pasar Baru Probolinggo

Bank sampah pasar baru yang di resmikan beberapa waktu, lalu oleh Walikota Probolinggo H.M.Buchori, merupakan salah satu program inisiatif yang diadakan oleh paguyuban pedagang pasar baru. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bappeda Sanusi Sapuwan, melalui Kabid Sosbud Setyorini Sayekti, menurut Rini panggilan akrabnya, bank sampah ini memiliki fungsi sebagaimana bank pada umumnya,namun materi asetnya berupa sampah yang memiliki nilai ekonomis. " Bank sampah menjadi alat untuk membangun kesadaran, melalui upaya partisipatif dalam memilah dan mengumpulkan sampah pasar, untuk kemudian dikelola secara bersama dan mandiri oleh pengurus paguyuban pedagang pasar baru" Kata Rini.

Lebih jauh Kabid Sosbud mengatakan bahwa, program ini bertujuan meningkatkan kualitas lingkungan masyarakat, melalui aktifitas pemilahan dan pengumpulan sampah rumah tangga, serta meningkatkan kemampuan sumber daya pengurus bank sampah, dan paguyuban pasar baru dalam fasilitasi kegiatan pemilahan dan pengumpulan sampah bagi masyarakat diluar pasar baru. " Out putnya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat di 5 (lima) daerah sasaran program, dalam pengelolaan sampah rumah tangga, dan terpilahnya sampah di masing-masing rumah tangga, di 5 daerah sasaran program" lanjutnya.

Rini juga mengatakan sasaran dalam program ini adalah, 5 (lima) kelompok masyarakat yang berlokasi disekitar pasar baru Kota Probolinggo, dengan kegiatan yang dilaksanakan berupa, sosialisasi dan FGD bagi kelompok sasaran program terkait dengan program, penyusunan media sosialisasi, pelatihan pengurus paguyuban pasar baru tentang teknik pendampingan, pemberian stimulan bantuan tempat pemilahan sampah rumah tangga, serta pndampingan lapangan. Sumber Berita

No comments:

Post a Comment

Informal Meeting Forum (IMF)
Dewan Pembangunan Berkelanjutan (DPB)
Forum Jaringan Manajemen Sampah (FORJAMANSA)
Paguyuban Eco Pesantren
Paguyuban Kader Lingkungan (PAKERLING)
Paguyuban Putri Lingkungan (PUTLING)
Kelompok Masyarakat Pemilah Sampah (POKMAS)
Paguyuban Peduli Sampah (PAPESA)
Penyandang Cacat Peduli Lingkungan Kota Probolinggo (PECEL KOPROL)
Komunitas Pelestari Keanekaragaman Hayati (KOMTARI KEHATI)
Paguyuban Penarik Gerobak Sampah Cekatan Riang Inovatif Amanah (PGS CERIA)
Paguyuban Abang Becak Peduli Lingkungan (ABPL)

Pencarian Artikel

Jumlah Kunjungan

About Me

My photo
By the middle of 2005, the management of environment in Probolinggo city was implemented by 2 (two) units which were subdivision for public cleaning services and parks of Public Works Agency of Probolinggo City and the Office of Environment of Probolinggo City. But in August 2005, considering to the aspects of effectiveness in administration, coordination, budget management dan program operations, then those two units were merged into 1 (one) new governmental institution namely the Agency of Public Cleaning Services and Environment (DKLH) of Probolinggo City. Then, in accordance to the institutional restructure of central and regional government, on July 1st 2008, the Agency of Public Cleaning Services and Environment (DKLH) of Probolinggo City was changed into the Environment Agency (BLH) of Probolinggo City.